Belakangan ini, ramai di medsos bahwa ada yang mengaku tidak terasa seperti sedang puasa usai minum oralit pada saat sahur. Testimoni senada yang kala itu sudah membanjiri kolom komentar, dari yang sudah mengaku pernah mencobanya. Ketika menjalankan puasa, umat muslim memang disunahkan agar tidak melewatkan sahur. Sahur sendiri adalah bagian yang sangat penting pada saat menjalankan puasa karena manfaatnya bagi kesehatan tubuh untuk sepanjang hari.

Seperti yang sudah banyak diketahui, mengkonsumsi makanan yang benar ketika sahur bisa membuat tubuh lebih berenergi selama beraktivitas untuk sepanjang hari. Belakangan ini sempat viral di mana ada sebuah cuitan yang mengklaim bahwa tidak terasa seperti sedang puasa setelah meminum oralit pada saat sahur. Berita viral merupakan salah satu informasi yang melengkapi rasa jenuh. Permainan slot yang seru dapat dimainkan agar tercapainya kesenangan dalam diri anda. Segera mainkan dan dapatkan keberuntungannya!

Anak Demam tidak Selalu Harus Diberi Obat, Kalaupun Perlu Berikan Larutan  Murah Meriah Ini - Semua Halaman - Grid Health

Apakah oralit itu dan apa benar, dapat membuat tubuh merasa lebih “kenyang” untuk seharian pada saat puasa?

“Oralit itu kan sebenernya, isinya kan air yang ditambahkan dengan garam dan gula dalam jumlah tertentu. Nah, garam dan gula itu mengandung glukosa, natrium, ada kaliumnya juga. Jadi, intinya, adalah air dengan kandungan gula dan elektrolit,” ungkap dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik melansir detikcom, pada Senin, 4 April 2022.

dr Karin sendiri menjelaskan bahwa dengan adanya kandungan elektrolit tersebut pengosongan lambung akan lebih lama apabila dengan dibandingkan minum air putih biasa. Pengosongan lambung yang semakin cepat tersebut yang akan membuat seseorang menjadi mudah untuk lapar.

Ia juga menambahkan bahwa, tidak apa-apa untuk dapat mengkonsumsi oralit pada waktu sahur. Tetapi, dengan takaran yang tidak lebih dan perlu dikonsumsi dengan cara hati-hati bagi yang mempunyai riwayat maag.

Senada dengan dr Karin, dr Diana F Suganda, MKes, SpGK, Spesialis Gizi Klinik, juga sempat menyampaikan bahwa oralit aman saja apabila dikonsumsi pada saat sahur. Ia juga menambahkan bahwa tujuan oralit merupakan untuk mengganti cairan yang hilang dan tidak dapat dalam menahan lapar.

“Apakah aman jika [oralit] dikonsumsi saat sahur? Ya, boleh aja. Nggak apa-apa untuk dapat nambahin cairan sih boleh sebab kan tetap kita campurkan dengan menggunakan air toh pada saat buat oralit, Nah, intinya, sebenernya kebutuhan cairan kita harus sangat cukup dan juga dengan asupan makan juga harus cukup,” jelas dr Diana.

Sedikit berbeda dengan dr Karin dan juga dr Diana, dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, lebih tegas dan tidak menyarankan agar dapat mengkonsumsi oralit pada saat sahur.

“Tidak menyarankan. Konsumsi apabila perlu saja dan atas adanya indikasi,” ucap dr Aru.

Para dokter di atas juga senada hingga dengan mengingatkan bahwa oralit ini tidak dapat menjadi “penahan” lapar untuk selama berpuasa.

Kembali lagi kepada tujuan utama dari oralit yakni menggantikan cairan yang sudah hilang, sebaiknya oralit dikonsumsi pada saat waktu yang benar. Seperti ketika diare yang di mana dapat menyebabkan kehilangan cairan yang banyak. Berita viral merupakan salah satu informasi yang melengkapi rasa jenuh. Permainan slot yang seru dapat dimainkan agar tercapainya kesenangan dalam diri anda. Segera mainkan dan dapatkan keberuntungannya!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.